Haloo sobat, kali ini Cari Gadgetku akana membahas tentang RAM. Iya RAM, tau apai itu RAM? RAM adalah karakter di anime Re:zero kara yang merupakan kaka dari Rem. Ehh, maaf bukan RAM dalam anime itu yang dibahas kok, tapi RAM yang biasanya ada di ponsel pintar, laptop, PC maupun alat elektronika yang bituh pemrosesan. Nah apa itu RAM? Apa fungsi dari RAM? Dan bagaimana cara kerja RAM pada alat-alat tersebut? Oke langsung aja simak sampai habis ya..


Inilah yang dimaksud RAM
Ram vs RAM



Pengertian RAM

RAM merupakan kepanjangan dari Random Acces Memory. RAM sendiri merupakan hardware atau dalam bahasa Indonesianya adalah perangkat keras. RAM sangat vital, dimana kalo gak ada RAM alat elektronika yang butuh pemrosesan seperti ponsel pintar yang sobat punya gak akan jalan. Nah lo kok bisa? Oke simak fungsi RAM berikut.

Fungsi RAM & cara kerja RAM 

Tadi kita udah singgung kalo gak ada RAM ponsel kita gak bakal jalan. Nah fungsi RAM sendiri adalah sebagai media penyimpanan sementara. Dimana penyimpanan ini berlangsung ketika terjadi pemrosesan pada CPU (central prossecing unit), nah RAM menerima data dari penyimpanan tetap yang akan diproses pada CPU. Misal nih ya, ponsel kita mau ngejalanin program edit gambar, nah pas kita klik program tersebut ,data program akan dikirm ke RAM sebagai media penyimpanan sementara yang akn diproses oleh CPU. Program ini akan tetap di RAM sampai program tersebut ditutup. Setelah ditutup dan disimpan, program akan tersimpan pada penyimpanan permanen ( ROM).

Hemm, kok harus lewat RAM ya, padahal sudah ada penyimpanan permanen? Jadi gini, arsitektur RAM dengan ROM beda dan speed write dan read nya pun beda. RAM berkali-kali lipat lebih cepat dari ROM. Karena prosesing itu cepat makanya digunakan RAM.

Eh tapi kenapa gak ROM dibuat aja kek RAM, speed kan kenceng banget tu dan gak perlu ribet-ribet harus oake RAM.
Jadi gini, tadi kan dah di singgung dikit, arsitektur RAM beda dengan ROM, nah si RAM ini hanya bisa bekerja ketika ada sumber daya atau listrik lah bro. Nah pas gak ada, data gak akan kesimpen. Coba klo semisal listrik bermasalah data pasti hilang dong makanya digunakan lah ROM sebagai penyimpanan permanen, notabene ROM gak perlu daya untuk menyimpan data. Selain itu pembuatan RAM lebih mahal dibandingkan dengan pembuatan ROM.

Alat Elektronika yang Membutuhkan RAM


Apa saja alat yang mengggunakan RAM?
Alat elektronika yang menngunakan RAM adalah alat elektronika yang mempunyai sistem pemrosesan, dimana hal ini pastinya RAM berguna dalam penyimpanan data saat pemrosesan itu terjadi. lantas apa saja alat-alat elektronika tersebut? simak daftarnya berikut ini!

1. Ponsel

ponsel pintar

Seperti yang diketahui bahwa ponsel kita memakai RAM untuk menunjang prosesing hal yang kita lakukan seperti bermain game dan laiinnya. Untuk sobat yang suka bermin game pasti memilih ponsel dengan varian RAM yang besar, karena dengan ini dapat meningkatkan performa dari ponsel itu sendiri.

2. Laptop/Komputer

Laptop atau komputer sobat pasti juga memakai RAM dalam penggunaanya. Ram pada laptop cenderung lebih besar dengan kapasitas yang biasanya juga lebih besar. Hal ini dikarenakan prosesing pada laptop lebih berat dibandingkan dengan ponsel pad umumnya. 

3. Kalkulator
new kalkulator saintifik
kalkulator

Kalkulator yang biasanya sobat pakai memakai RAM. yup, kalkulator sama dengan komputer memerlukan pemrosesan data, sehingga diperlukan RAM. Pada mulanya, komputer pertama dunia yang berhasil dibuat, tujuan utamanya adalah komputating, yang artinya komputer pertama di dunia adalah kalkulator.

Sebenarnya masih banyak alat elektronik yang memakai RAM, tetapi daftar diatas sudah mewakilkan dari alat elektronik lainnya.

sekian, terimakasih


sumber: merdeka, wikipedia